Senin, 23 Maret 2015

Busur Yang Dipakai Pada Perlombaan

1.)  Nasional bow adalah perkembangan pertama dari busur panah. Busur ini tidak dapat digunakan dalam perlombaan internasional melainkan hanya di perlombakan dalm kejuaraan nasional. Busur ini umumnya dipakai pada daerah-daerah provinsi.

 


 
2.) Recurve bow adalah perkembangan termutakhir dari busur. Ini adalah jenis busur paling umum digunakan di olahraga panahan saat ini. Desainnya terdiri atas tiga bagian utama. Riser, yaitu pegangan dan tempat aksesori lain dipasang. Dan, sepasang limb yang jadi sumber energi pegas busur.

Ciri khas dari busur ini ada pada bagian ujungnya yang melengkung ke depan (menjauhi pemanah) saat tidak ditarik atau dilepas talinya.Konstruksi seperti ini memungkinkan draw weight yang lebih besar untuk panjang yang sama. Sebagai kompensasinya, bahan penyusun limb memperoleh tegangan/regangan lebih besar dari busur biasa (longbow).



3.)Busur kompaun (compound bow) menggunakan sistem takal untuk mengurangkan beban tarikan secara mekanikal semasa membidik sasaran, ia boleh menghasilkan kelegaan (let off) antara 75-80% kepada beban tarikan busur. Secara ringkas, untuk busur seberat 50lbs, beban tarikan hanya tinggal sekitar 10-13lbs semasa kedudukan tarikan penuh (full draw), untuk membolehkan penjimatan tenaga, lanjutan masa serta lebih tumpuan diberikan untuk membidik sasaran. Aplikasi kejuruteraan yang tinggi memastikan pemindahan tenaga kinetik dari lenturan lengan busur dan regangan tali sehingga anak panah dilepaskan adalah sangat efektif sehingga menghasilkan kelajuan panah yang tinggi dan hanya mengeluarkan sedikit bunyi. Rekabentuk busur adalah panahan-lurus (straight-shot), iaitu mempunyai keluk pada busur untuk tempat menyangga anak panah dan sebagai jendela laluan ke sasaran, pada satu satah dengan daya tujahan busur.



0 komentar:

Posting Komentar

S Pink Premium Pointer